10.01.2011

Sejarah Angka Nol

Angka nol saat ini sangat umum sekali digunakan. Tapi, sebenarnya siapakah yang pertama kali menciptakan angka nol. Mungkin saat ini kita sulit membayangkan bagaimana suatu perhitungan tanpa angka nol, tapi bagi masyarakat jaman dulu, mereka lebih sulit lagi membayangkan angka nol.

Angka nol bisa dianggap sebagai kosong atau suatu kehampaan. Maka, bagaimana suatu yang tidak ada bisa ada. Ibaratnya, “How can nothing be something”. Lagipula, dalam kehidupan sehari-hari sendiri kita jarang sekali menggunakan ‘nol’. Kita akan lebih memilih menggunakan kata ‘tidak ada’. Inilah yang menyebabkan kemunculan angka nol datang cukup lama.

Diduga, angka nol baru keluar sekitar abad ke 9. Sebelum kita membahas kemunculan angka nol, mari kita bahas dulu bagaimana sistem angka pada masyarakat jaman dulu.

Bangsa Babilonia

Bangsa ini tidak mengenal angka nol. Namun mereka sudah hampir ke sana. Mereka menggunakan spasi sebagai place holder atau pengisi kedudukan. Misalnya, 207 mereka gambarkan sebagai 2 7. Namun akhirnya, cara ini tidak efektif dan sering salah pengertian. Lalu mereka pun mulai membuat simbol untuk menggantikannya. Seiring dengan peradaban Babilonia mundur, nol pun mengalaminya.

Bangsa Yunani

Bangsa ini memiliki sistem bilangan yang lebih rumit. Bisa dibilang, bangsa ini menyembah angka. Mereka memiliki kecerdasan dalam bidang geometri maupun filsafat. Namun nol tetap tidak ditemukan di sini.

Nol juga sempat menjadi place holder lagi dalam sistem kalender rumit peradaban Maya. Namun seiring dengan jatuhnya peradaban Maya, nol juga jatuh lagi.

India

Ada masanya di mana bangsa barat mengalami kemunduran, sedangkan bangsa Timur maju. Di India, di mana Hinduisme India mengakui konsep ‘kehampaan’, diduga sebagai awal dari terciptanya angka nol pada abad ke-9.

Saat India merosot, angka nol juga. Tapi dari India, ia beralih ke Cina dan Arab dengan peradaban Islamnya yang maju sekali. Dari sinilah, muncul figur Al Khwarizmi dengan teori aljabarnya mempopulerkan angka nol hingga sekarang.


sumber:
http://shofiqsula.wordpress.com/2008/08/07/asal-usul-angka-nol/
http://www.mykaskus.info/2010/04/sejarah-angka-0.html
http://www.galeka.web.id/2010/11/sejarah-angka-nol/

No comments:

Post a Comment

Tulisan 1 baris Anda akan sangat memotivasi saya untuk menulis 1 halaman artikel lagi.